Sejarah Rekam Medis (Medical Record)

Medical Record

Hallo semuanya.

Info: Referensi bisa di download di bagian Bawah Artikel

Pada postingan kali ini, kita akan mencoba membahas sejarah dari rekam medis yah…, yang pastinya akan saya coba rangkumkan dari beberapa sumber agar kawan-kawan semua dapat memahami maksud dari teori yang sudah ada. ya paham dari teori bukan hanya jago menghafal teori tersebut.

Bagi kalian yang belum tahu, Rekam medis adalah berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien (PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 269/MENKES/PER/III/2008)
.

Jadi rekam medis sangat penting untuk jalannya pelayanan kesehatan karena Rekam medis mempunyai nilai guna sebagai sumber informasi pemeliharaan kesehatan dan pengobatan pasien; alat bukti dalam proses penegakan hukum, membina disiplin tenaga medis; penegakan etika kedokteran; untuk keperluan pendidikan dan penelitian; dasar pembayaran biaya pelayanan kesehatan; dan untuk menyusun datastatistik kesehatan ( Suraja, 2019).

Rekam Medis udah ada dari jaman dulu loh… menurut Referensi, Rekam medis sudah ada sejak tahun 25.000-3000 SM. Wah lama juga yah.. hmm…oke, mari kita bahas satu-satu.

Pada tahun 25.000-3000 SM, Bangsa Spanyol sudah membuat Lukisan di gua batu tentang amputasi jari dan trephinasi.

Pada tahun 15.000 SM, Bangsa Prancis sudah membuat Lukisan hewan buruan di gua batu.

Pada tahun 10.000 SM, Bangsa India (peru) ditemukan Tengkorak berlubang akibat praktik trephinasi.

Pada tahun 3000 SM, bangsa Mesir membuat Hieroglif/papirus yang menyangkut tentang pendokumentasian riwayat kesehatan. Mari kita lihat kutipan dari wilkipedia tentang apa itu hieroglif. Hieroglif Mesir dari bahasa Yunani ἱερογλύφος “ukiran suci”, dalam bahasa Inggris hieroglyphic = τὰ ἱερογλυφικά [γράμματα]) adalah sistem tulisan formal yang digunakan masyarakat Mesir kuno yang terdiri dari kombinasi elemen logograf dan alfabet. Hieroglif Mesir merupakan salah satu sistem penulisan paling tua yang dikenal manusia. Beberapa dari tulisan tersebut berasal dari tahun 3000 sebelum masehi dan telah digunakan oleh bangsa Mesir selama lebih dari 3000 tahun. Masyarakat Mesir menggunakan hieroglif kursif untuk sastra keagamaan pada papirus dan kayu. Adapula variasi formal tulisan yang lebih kecil, yang disebut hieratik dan demotik, tetapi secara teknis tulisan tersebut bukan merupakan hieroglif dari mesir.

Bangsa Mesir kuno terkenal sebagai bangsa dengan peradaban yang tinggi termasuk praktik kesehatannya. Para tabib telah mempraktikan MIK beserta majunya ilmu kedokteran. Tabib pada mesir kuno Thoth yang diagungkan sebagai dewa serta Imhotep (3000-2500 SM) yang dikenal sebagai bapak pengobatan (patern of medicine). Kedua tabib tersebut banyak menulis buku tentang kesehatan dalam gulungan papyrus semacam kertas berserat yang berasal dari tumbuhan di tepi sungai Nil, dengan tulisan berbentuk simbol gambar yang dinamakan hieroglyph.

Dua buah papirus kuno anonim yang terkenal yang sebagian isinya diduga karya Imhotep, diberi nama sesuai pemiliknya yaitu Edwin Smith (1862) dan Ebers (1872). Selain itu terdapat papirus Kahun (1835) yang ditemukan Flinders Petris tahun 1889 M di Fayum, Lahum (Mesir).

Hieroglif/papirus

Pada tahun 3000-2000 SM, bangsa Babylonia (Irak Kuno) diperkirakan oleh beberapa referensi sudah membuat Replika organ binatang, lempengan tanah liat dan batu dengan tulisan berbentuk paku (cuneiform). mungkin kisah raja namruz pada bangsa babylonia sudah tidak asing lagi bagi kita, dia yang menantang tuhan sampai membuat menara yang sangat tinggi. ya, babylonia yang dimaksud ada pada daerah itu.

Ilustrasi Kerajaan Babel

Pada tahun 2737 SM, dari hasil temuan para ahli, Bangsa China sudah membuat Informasi pada bamboo, daun palem yang dipernis (lacquer); model manusia dari tembaga, gading, kertas.

Pada tahun 1100 SM, bangsa Yunani sudah membuat Informasi pada pahatan di kuil pengobatan dan kertas tentang pendokumentasian riwayat medis.

Ilustrasi bangsa yunani

oke sekarang kita akan membahas sejarah rekam medis yang ada ditemukan sudah memasuki tahun Masehi.

Pada tahun 160 M, bangsa Romawi membuat Informasi tentang riwayat medis pada kertas/buku.

pada tahun 900 M, bangsa Iran/Irak (Persia) juga ditemukan oleh peneliti membuat Informasi pada kertas.

hettt, jangan salah.. Indoneisa juga punya catatan sejarah tentang Rekam Medis loooh… berikut temuanya:

Pada tahun 800 M, bangsa Indonesia yang kala itu masih berbentuk kerjaan kuno membuat Informasi pada kulit/daun lontar dengan bahasa kawi (jawa kuno), sansekerta dan relief pahatan arca.

Di Indonesia diperkirakan ada sekitar 250 manuskrip (naskah) yang kebanyakan berasal dari Bali, diantaranya berisi tentang ramuan pengobatan. Manuskrip ini dicatat dalam daun lontar yang berukuran 3,5 hingga 4,5 cm sepanjang 35-40 cm. Setelah tulisan atau gambar ditatah denga alat tusuk logam selanjutnya lembaran lontar digelapkan agar terbaca atau terlihat hurufnya dan digabungkan satu dengan lainnya denga tali penyambung melewati lubang yang terdapat di tengah sisi kiri daun. Biasanya hasil karya itu menggunakan bahasa Jawa Kuno (Kawi).

Contoh Relief
Contoh manuskrip

Rekam Medis terus berkembang sampai saat ini. Pada zaman sekarang ini rekam medis sudah kita temua mulai mengalami pergeseran ke rekam medis elektronik.

Oke guys. mungkin segitu dulu pembahasan kita tentang sejarah rekam medis, semoga bermanfaat.

Nah beberapa referensi diatas bisa di download di bawah ini guys…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *