Fresh Graduate Beli Mobil Dulu atau Rumah Dulu?

catatansenja

Hallo sobat, sebelum lulus kuliah pastinya banyak pikiran kita untuk menata masa depan itu seperti apa. Rencana-rencana mungkin sudah kita tulis, tentang bagaimana kehidupan kita setelah usai kuliah. Mungkin sebagian besar dari kita setelah lulus punya plan untuk membeli mobil impian dari uang hasil kerja keras kita. Ada juga yang memiliki rencana kalau sudah kerja untuk membeli rumah dulu. Ada juga yang bingung, Beli yang mana dulu yah… Rumah atau mobil?

Oke, tulisan ini tidak berlaku untuk mereka yang kaya raya yang harta kekayaannya tidak akan habis dalam 7 keturunan. Kalau kalian di posisi itu, kalian langsung bisa membeli rumah dan mobil sekaligus. Tulisan ini diperuntukan untuk mereka yang bingung mau membeli mobil atau rumah dulu diakibatkan keterbatasan dana Karena masih menjadi fresh graduate yang harus pintar menentukan rencana, sebelum salah langkah.

Sebaiknya kita bedah dulu secara kebutuhan… Mana yang menjadi kebutuhan primer kita. Kalau Mobil menjadi bagian dari pekerjaan, semisal kamu adalah seorang driver online. Maka, mobil tersebut menjadi kebutuhan primer yang harus kamu miliki. Namun, Jika mobil tersebut hanya sebatas alat transportasi kamu bekerja dan membeli mobil tersebut hanya agar kamu terlihat keren untuk tidak kepanasan akibat terkena sinar matahari. Maka, Mobil tersebut bukan menjadi kebutuhan primer kamu. Kamu harus mengutamakan rumah dulu karena rumah adalah kebutuhan primer setiap kepala keluarga. Minimal punya satu untuk anak dan istri kamu.

Kenapa rumah menjadi sangat penting dalam perancangan plan kamu? Karena rumah adalah investasi yang menjanjikan. Kamu juga akan rugi jika menunda untuk membeli rumah. Karena harga tanah dan bangunan itu setap tahun akan bertambah besar. Mengingat rupiah setiap tahun semakin melemah. Tapi, meskipun jika suatu saat nanti rupiah menjadi naik, rumahmu tetap bernilai jika dijual bahkan lebih besar dari modal. Karena setiap tahun tanah dan rumah pasti naik nilainya.

Jika kamu membeli mobil hanya untuk pamer dan menunjang status sosial kamu. Kamu sudah terjerumus dalam jebakan hawa nafsu. Harga mobil setiap tahun akan semakin turun. Oleh karena itu mobil bukanlah investasi yang bagus ketika mobil tersebut bukan kebutuhan primer kamu. kecuali kamu mau membuka usaha rental mobil atau usaha travel, maka mobil tersebut berubah statusnya menjadi kebutuhan yang primer.

Apalagi jika kamu adalah cowo sebagai kepala keluarga. Rumah adalah kebutuhan primer yang harus kamu miliki. Karena banyak kasus pertikaian rumah tangga hanya karena tidak akurnya menantu dengan mertua. Percayalah, sebaik – baiknya kamu pasti akan ada miss comunication dengan mertua jika kamu terlalu lama bersama. Tidak percaya? silahkan tulis di google, “pertikaian menantu dan mertua” tentu anda akan banyak mendapatkan referensi sumber yang kredibel betapa banyaknya kasus rumah tangga retak hanya karena kumpul kebo dengan orang tua. Jadi untuk menghindari pertikaian tersebut, buatlah rumah untuk kerajaan cintamu. Janganlah kamu menyiksa pasanganmu untuk terus tidak bisa bebas dirumahnya sendiri. Tidak bisa dipungkiri kita akan lebih bahagia jika punya rumah sendiri. Bebas memasak untuk suami, bebas untuk melakukan berbagai kegiatan untuk keluarga tanpa ada hati dan situasi yang harus kita jaga.

Para perempuan,, jujur deh… jawab dalam hati kalian… apakah kalian akan bahagia jika tinggal bersama pasangan kalian di tempat sendiri atau tinggal lama dengan mertua kalian di tempat yang bukan milik kalian (numpang). Aku yakin, pasti banyak dari kalian yang lebih memilih untuk tinggal ditempat sendiri dengan pasangan kalian. Kepuasan memiliki privasi itu tidak dapat dipungkiri.

Apalagi kita sebagai laki-laki memiliki tanggung jawab untuk bisa terus membahagiakan pasangan. Tugas kita tidak hanya sapai ijab qobul saja. Tugas kita tidak hanya sebatas mengubah satus menjadi suami dan istri saja. Tugas kita berkelanjutan, harus memikirkan jangka panjang. Apakah kesenangan kita yang sesaat dihabiskan untuk membeli mobil sebelum menikah, yang akhirnya tidak cukup dana untuk punya rumah sendiri atau kita mempersiapkan istana cinta kita untuk menyambut dia yang akan menemani kita. Sehingga kita bisa membahagiakan dia melalui rencana – rencana kita yang sudah dipikirkan secara matang. Maka dari itu prioritaskan dulu untuk menabung mempersiapkan membeli rumah.

Lantas bagaimana dengan perempuan ?. Apakah kalian harus mempunyai rumah juga. Hmmm… Jika berbicara tentang perempuan… Mungkin jika kalian tanya pendapatku.. Aku sarankan kalian juga membeli rumah dulu… Kenapa? karena rumah tersebut bisa menjadi pasif income kalian….. Rumah tersebut bisa kalian kontrakkan, sehingga menambah penghasilan kalian. Sementara jika kalian membeli mobil untuk keperluan pribadi, kalian hanya akan menang gaya saja. kecuali mobil tersebut kalian jadikan usaha travel.. Namun, pasti kebanyakan dari pembaca ini ingin menjadikan mobil tersebut hanya untuk keperluan pribadi saja, untuk kekantor dll. Padahal keperluan pribadi tersebut bisa dihandle sementara dengan motor roda dua. Setelah kalian sudah cukup dana dari sewa rumah tadi kalian pun bisa untuk membeli mobil nantinya. Terlebih harga jual rumah setiap tahun semakin naik tidak seperti mobil yang semakin turun. Aku teringat sebuah ilmu fisika yang Berbicara tentang, “Tekanan berbanding lurus dengan gaya”. Maka dari itu Jika hidupmu penuh tekanan, Mungkin kamu kebanyakan gaya.

Oke guys, cukup sekian sharing kali ini…. semua manusia pernah salah, jadi tidak menutup kemungkinan tulisanku ini juga mengandung khilaf. Maaf jika ada salah kata… semoga semuanya bahagia selalu. semoga kita bisa bertemu lagi dilain kesempatan.

Salam hangat

-catatansenja.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.