Apa Saja Yang Perlu Disiapkan Untuk UKOM D3 Perekam dan Informasi Kesehatan

catatansenja

Assalamualaikum guys…Oke, pada Post kali ini saya akan mencoba sharing bagaimana pengalaman saya dulu tahun 2021 mengikuti UKOM D3 Perekam dan Informasi Kesehatan. UKOM sendiri singkatan dari uji kompetensi. Dan melalui aturan EXIT EXAM sekarang, kita tidak bisa yudisium dan wisuda jika tidak mengikutinya atau tidak lulus dalam Uji Komptenesi tersebut. UKOM pada angkatan kami tahun 2021 dilaksanakan dengan cara komputerisasi dan diawasi oleh pengawas luar maupun dalam kampus. UKOM sendiri tidak hanya dilaksanakan oleh Perekam Medis. Tapi, Jurusan Kesehatan lain juga ada. Seperti perawat, radiograder dll. Saya akan sharing apa-apa saja yang perlu dipersiapkan, materi apa yang keluar sewaktu saya ukom, dan mencoba berbagi tips seputar UKOM.

Oke…Kita bahas dulu apa yang perlu dipersiapkan…?.

Syarat anda bisa Mengikuti UKOM adalah harus punya pasangan,,,, heheh, gak dong,,,, gak bisa UKOM dong para kaum Jomblo seperti kebanyakan orang yang baca artikel ini “jomblo”. Jadi, untuk kalian bisa mengikuti UKOM kalian harus menyelesaikan seluruh perkuliahan, dari awal semester sampai tugas akhir kalian acc dan dikumpulkan. Memang ada beberapa kampus yang memberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi untuk tidak perlu membuat tugas akhir seperti KTI. Tergantung kebijakan kampus nya masing-masing. Jadi jika anda tidak menyelesaikan tugas akhirnya maka anda tidak bisa ukom. Artinya anda tidak bisa wisuda pada periode tersebut.

Usahakan tugas akhir anda itu selesai tepat waktu. Sehingga anda memilili waktu yang cukup untuk berjuang di medan tempur UKOM. Materi yang keluar saat UKOM nanti jika tidak dipersiapkan dengan baik maka anda mendapat kemungkinan besar untuk tidak lulus… hah,,, emang bisa??? Yaa,, pada angkatan ku hampir 20% yang tidak lulus. Jadi mindset untuk meremehkan sesuatu itu, mohon dikubur dulu dalam dalam.

Usahakan jangan terlalu jauh dari kampus. Kamu sudah jauh dari dia ( kamu disini dan dia di pelukan orang lain,,, waduh jauh bet….),,, Masa sama kampus juga jauh dalam tugas akhirnya. Saya heran kenapa pada saat penelitian banyak mahasiswa yang jauh mengambil di kampung halamannya. Padahal hal tersebut bisa beresiko kamu harus bolak balik kampus untuk konsul. Kalau saya pribadi lebih enak konsultasi secara langsung. Lebih fast respon dan lebih paham karena dilaksanakan secara langsung. Terlebih mahasiswa yang tugas akhirnya belum selesai sebisa mungkin bertahan dulu sampai selesai. Tunda dulu kesenangan sesaatnya untuk jalan jalan dan pulang kampung. Karena hal tersebut bisa mengakibatkan tugas akhirmu lambat acc.

Jaga kesehatan dengan baik. Jangan hanya karena kamu ditinggal pas lagi sayang-sayangnya. Kamu malah mengacuhkan kesehatanmu. Nangis tiap malam sambil post story gelap setelah itu rekam lagu galau dan menulis caption “Semua Cowo Sama Aja”. Hahahaha… Karena sewaktu kami UKOM pada tahun 2021 ada cek suhu tubuh, jika anda sakit, maka anda tidak bisa untuk mengikuti ukom tersebut. Terlebih, kesehatan juga menjadi kunci utama kamu dalam menjawab soal. Jika kamu demam, otomatis kamu kesulitan untuk konsentrasi menjawab soal tersebut.

Sebelum ukom, ada baiknya anda buat kelompok belajar bersama untuk membahas kemungkinan soal yang akan muncul. Belajar bersama dapat membuat anda lebih ingat lagi dalam segi materi. Karena dalam belajar bersama anda mendapatkan 2 model pembelajaran secara langsung, yaitu visual dan audio. Apalagi jika ada hal yang anda bingung, anda bisa langsung tanyakan itu pada teman anda.

Materi apa yang keluar…?

oke, saya bahas sesuai pengalaman saya saat ukom. Kali ini hanya menjadi gambaran kalian dalam belajar nanti seperti apa. Mungkin kalian bisa membuat konsep materi apa yang akan dipelajari. Karena bank soal itu biasanya mengeluarkan soal yang mirip-mirip, tapi konsepnya sama.

Materi Manajemen RM adalah hal yang harus kamu kuasai. Dari Penjajaran, penomoran, penyimpanan, penamaan pasien di RM nya dll. Tentang Penjajaran itu sebaiknya kamu mulai belajar membedakan antara penjajaran stright, midle, dan terminal. Karena penjajaran itu sering muncul soalnya tentang menentukan mana penjajaran yang digunakan. eits… pasti kamu berfikiran bahwa penjajaran itu hanya ada tentang Stright, Midle, dan terminal. padahal penjajaran juga ada tentang alphabet (menjajarkan RM berdasarkan alphabet). karena penjajaran itu ada yang numerik dan ada yang alfabet. alangkah lebih baiknya kamu juga belajar membedakan penjajaran menggunakan alfabet.

Penomoran RM juga sering muncul. Alangkah lebih baiknya kamu bisa membedakan antara penomoran Unit, Seri, dan Seri unit. Karena sering muncul soal tentang membedakan karakteristik dari ketiga penomoran itu. Semisal soal, “Pasien ini Menerima No. Rekam Medis Selamanya dan tidak diganti ketika pasien itu datang kembali, Penomoran apakah yang digunakan di Fasyankes tersebut”. Dari soal tadi maka bisa langsung dapat kita simpulkan bahwa menggunakan penomoran Unit. Nah, hal teoritis seperti ini memang membutuhkan sedikit pengorbanan waktu untuk membaca kembali materi kita disemester awal. Namun, percayalah.. sesuatu yang kita usahakan di jalan kebenaran itu tidak akan sia-sia. Tapi, perjuanganku untuk menunggu dia kenapa sia sia yah? Apa karena rasa kami benar tapi waktu kami yang salah? waduh kaya lirik lagu aja….

Penyimanan juga kadang disepelekan. Karena hanya ada dua jenis penyimpanan. Yaitu, Central dan Desentralisasi. Nah jika ada soal seperti ini, ” Pasien X mempunyai RM di RS X. RM Rawat jalan dan rawat inap pasien tersebut disimpan pada satu ruangan, namun diletakan pada rak yang berbeda, penyimpanan apa yang digunakan di RS tersebut”. hmmmm… mungkin sebagian dari kalian akan menjawab secara sentralisasi karena disimpan pada satu ruangan. Namun konsep sesungguhnya dari Desentralisasi bukan terletak pada disimpan pada satu atau ruangan yang berbeda. Tapi, tentang digabungnya atau tidak RM Rawat Jalan (RJ) dan Rawat Inap (RI) pada satu folder/Map. Jika digabung dalam satu folder maka RS tersebut menggunakan penyimpanan Sentrasilasi. Jika tidak digabung dalam satu folder maka RS tersebut menggunakan penyimpanan Desentralisasi.

Tentang penamaan biasanya hanya sedikit yang keluar pada saat UKOM, Biasanya hanya tentang nama Bayi pasien. Semisal, mencari penulisan nama bayi pada RM yang tepat, dan bayi itu belum dinamai oleh orang tuanya. Maka nama bayi yang tepat adalah apa,,,mungkin bisa kalian kulik lagi materi seperti itu. Terkadang ada juga kita memilih nama pasien yang ada title atau marganya. Jadi, kita harus lebih teliti lagi dalam analisanya.

Tentang Setiap Unit Kerja Rekam Medis (UKRM) juga sebaiknya kamu kuasai juga tentang tugas masing masing nya. Dari TPPRJ, TPPRI, Assembling, Analisis, Filling, Pelaporan, Kepala RM… Mungkin bisa kalian coba kulik lagi tentang Kredensial.. Karena Kredensial ini mengenai pelepasan informasi di Rekam Medis. Dan Kredensial ini di angkatanku mungkin jarang dibahas,,, eh kayaknya tidak pernah dibahas deh (Apa Karena aku ketiduran yah… Awok Awok).

Untuk Materi Perhitungan, aku tahu kalian pasti takut, setakut kaya si doi selingkuh dengan yang lebih good looking,,, EH lohhh… tenang saja untuk perhitungan gak perlu takut kok. Karena pada dasarnya pada soal perhitungan sewatu UKOM tersebut dirancang untuk kita bisa menghitung cepat, terlebih saat UKOM kita bisa menggunakan kalkulator pada aplikasinya ( TAPI TIDAK TAHU DI ANGKATAN KALIAN, KAYAKNYA KALIAN HITUNG MANUAL DEH…hahaha, canda deng).

Untuk Perhitungan Indikator seperti BOR, LOS, TOI, GDR, NDR terus BTS,, eh BTO deng bukan BTS,,, Kalau BTS nama boyband deng. ada baiknya kalian mengingat satuan dari hasil perhitungan tersebut. Seperti pada BOR , Satuan hasilnya adalah persen. Karena kalian mungkin menemukan soal, “Hitunglah presentase tempat tidur dalam satu tahun”… Nah loh.. kalau gak tau satuannya pasti bingung.. Kadang dibeberapa soal itu tidak mengatakan Hitunglah BOR pada kasus ini. Tapi, Memerlukan analisa kita dalam menentukan menggunakan rumus yang mana dalam menghitung soal tersebut. Di contoh kasus tadi kita menggunakan Rumus perhitungan BOR. Karena dalam indikator perhitungan GBJ yang hanya menggunakan presentasi untuk satuan hasilnya adalah BOR. Terus kalian alangkah lebih baiknya menelaah arti dari kepanjangan kesemua indikator tadi, sehingga memudahkan kalian dalam menentukan eksekusi soal menggunakan rumus yang mana.

Terus ada juga perhitungan WISN dalam menghitung SDM di Rumah sakit. tenang saja,,, dalam kelima langkah WISN yang ada. Kami dulu hanya disuruh menghitung pada tahap pertama saja,,, Tapi ingat itu angkatan kami,,, tidak tahu jika angkatan kalian bagaimana heheheh. Alangkah lebih baiknya juga kalian sambil mendalami dari kelima langkah WISN tadi, sehingga jaga-jaga jikalau ada menanyakan tentang langkah kelima, otomatis kalian harus menghitung dari langkah pertama.

Bagaimana tentang perhitungan perancangan UNIT Kerja Rekam Medis, Seperti menghitung keperluan Rak, Luas ruangan yang diperlukan dll…. hmmm pada tahun kami dulu gak ada soal itu kok.. jadi jikalau soal itu keluar,, itu Rezeki kamu,, hehehe….sama seperti kamu yang dari dulu naksir dia, terus dia bilang aku gak mau pacaran dulu…. eh tiba tiba lusa depan dia upload story jalan sama orang lain dengan caption LOVE…. itu rezeki kamu.. hadeuhhhh….. Tuhan, bisa kah engkau turunkan saya palu TOR, saya mau menyetrum dia dari jarak jauh.

Oke balik lagi.Guyon terossTentang GBJ (Grafik Barber Jhonson) gimana? hmmm. pada kasus ini tenang saja. Kami dulu hanya disuruh memilih garis mana yang menunjukan BTO, BOR, TOI, atau LOS. Jadi kalian hanya mencari tahu nama apa saja garis yang menghubungkan kooridinat tersebut. Mudahkan.. heheh gak sesulit melupakan Doi yang kamu cintai tapi tidak menganggap kamu ada kok… eh loh…..

Nah,,, Bagaimana tentang koding (Klasifikasi Penyakit)..? pada saat UKOM kita tidak boleh membawa ICD… Artinya kalian harus “MENGHAPALKAN SELURUH KODE YANG ADA DI ICD 10) Gak deng bercanda… Jadi soalnya itu biasanya mengenai chapter ini tentang apa, chapter itu tentang apa.. mudah kok… di ICD 10 hanya ada 22 chapter. By the way Chapter yang ke 22 adalah capter yang baru (siapa tahu kalian menemukan soal itu, awok awok awok….). hmm, alangkah lebih baiknya kalian juga ingat tentang pada penyakit jantung itu ada pada chapter berapa, infeksi saluran kencing ada pada chapter berapa, intinya kalian mencari tahu lagi penyakit yang popular (caelah populer). Karena siapa tahu soal tentang itu keluar dan kalian bisa lebih mudah untuk menganalisa jawaban dari soal tersebut. Oiya, kamu juga pelajari tentang tanda di icd 10 seperti point dash itu artinya apa, kurung kurawal itu artinya apa dll. kamu juga baca tentang section yang ada di ICD 10, pada ICD 10 volue 3 terdapat 3 Section. Terus kamu juga harus ingat fungsi ICD 10 volume 1 sampai 3 setelah itu hal yang sama kamu juga pelajari di ICD 9 nya. Lebih bagus lagi kamu juga pelajari ICD O.

Apakah ada soal di luar materi RM…?

Ada bray…. Kamu pernah dengar tentang soal Pelayanan, Teknologi informasi, Kepribadian, Kompetensi. Kalau seingat saya ada beberapa soal yang menyangkut itu. Di soal tersebut seakan jawaban terasa benar semua. Jadi kamu harus mengetahui indikasi dari penilaian soal tersebut. apakah mengenai pelayanan, teknologi informasi dll. hmmm, gak cuma sampai disitu,,,, meskipun kamu tahu mengenai indikasi soal tersebut, jawaban juga terkadang harus teoritis. Semisal pertanyaan, “Komputer tempat mu rusak, apa yang harus kamu lakukan”. jawabannya ada tentang melapor pada atasan, menelpon petugas IT, atau memperbaiki sendiri. Jawaban itu membuat kita bingung karena semuanya terlihat benar. Jika memperbaiki sendiri, kita merasa memahami IT dan itu point plus dalam pekerjaan. Ketika kita memilih menelpon petugas IT, itu juga hal yang tepat karena kita bertanya pada ahli nya langsung. Ketika kita memilih melapor pada Atasan itu juga tepat dalam hirarki pekerjaan. Lantas apa yang kita pilih…? so dari kasus tersebut. kita bisa memilih melapor pada atasan, karena dalam hal ini kita sedang dalam ruang lingkup pekerjaan yang harus mematuhi aturan hirarki disitu. Menjengkelkan bukan soalnya..awok awok…

Oke, mungkin itu beberapa hal yang saya share tentnag pengalaman saya dalam UKOM RM tahun 2021. Semoga adek adek yang membaca artikel ini bisa jatuh cinta,, eh gak deng,, maksud saya bisa melaksanakan ukom dengan baik,,, semoga lulus semua,,, aamiin. saya izin pamit. Sampai jumpa dipostingan berikutnya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *