Kuliah Jurusan Rekam Medis, Pentingkah Itu ?

rekam medis

Hi guys. Untuk kamu yang mampir pada blog ini, bisa dipastikan anda masih belum tahu apa itu Jurusan Rekam Medis.. heheh, ada beberapa hal kenapa anda bertanya tentang kuliah di jurusan ini, hal pertama karena anda tidak tahu lagi harus kemana selepas SMA,  hal kedua anda tidak lulus di jurusan yang anda inginkan di kampus yang anda idam idamkan, dan hal ketiga karena anda mempunyai keluarga yang bekerja di Fasyankes yang mengetahui seberapa dibutuhkan nya tenaga Rekam Medis Ini.

heheh yup betul. Rekam medis adalah jurusan yang lagi diperlukan apalagi pada jaman claim biaya kesehatan seperti BPJS ini. tenaga rekam medis diperlukan untuk proses klasifikasi penyakit pada INA-CBGs.
Sebenernya Rekam Medis tidak cocok disebut sebagai Orang nya. Orang nya disebut dengan Perekam Medis (PMIK). benda nya disebut dengan Rekam Medis, dan Ruangan Kerjanya disebut dengan Rekam Medik.


Oke sekarang kita akan menggunakan istilah Perekam Medis untuk menyebutkan tenaga nya, perekam medis termasuk dalam tenaga keteknisian medis, jadi dokter itu adalah tenaga medis, perawat tenaga perawat, dan sebagainya. Perekam Medis masuk dalam tenaga keteknisian medis sesuai dengan UU No. 36 Tahun 2014. seperti radiografer juga termasuk keteknisian medis.
tenaga perekam medis masih sangat sedikit di rumah sakit, puskesmas dan fasyankes lain. tidak seperti radiologi yang harus terdapat pelayanan penunjang seperti alat Rotgen, Perekam medis kerjanya sangat luas karena masuk kepelayanan administratif.


Ruang kerja Perekam Medis atau bahasa teoritisnya UNIT KERJA REKAM MEDIS (UKRM) terdapat beberapa macam seperti Tempat pendaftaran pasien, Assembling, Koding, Indexing, Filling. nah Tenaga Rekam Medis sangat diperukan untuk mengisi kekurangan pada bagian tersebut. kita ambil contoh tempat pendaftaran pasien, banyak sekali di isi oleh tenaga selain Perekam Medis, tempat pendaftaran pasien malah di isi oleh bidan maupun perawat. terus ada bagian yang paling penting adalah Bagian koding.
Bagian koding adalah bagain yang sangat penting karena pada unit ini anda akan melakukan klasifikasi penyakit yang menentukan berapa biaya yang harus masuk kerumahsakit tersebut. claim bpjs tergantung dari klasifikasi penyakit ini. jadi sangat penting karena jika salah RS bisa merugi dan jika UPCODING (Sengaja menyalahi supaya rs mendapat keuntungan banyak) kita akan berurusan sama KPK heheh.
Seperti yang saya bilang di awal tadi, Rekam medis itu dijelaskan dalam Permenkes no 269 th 2008 yang berbunyi  Rekam Medis adalah berkas yang berisi catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien.


Jadi rekam medis adalah sebuah dokumen rekaman tentang pelayanan pasien tersebut di fasyankes. Sebagai Perekam Medis adalah Jantung nya rumah sakit karena kita akan menjaga dokumen paling rahasia dan paling yang harus dilindungi.
jadi tidak heran bahwa seorang perekam medis disebut dengan jantungnya rumahsakit, jika manajemen RM nya keliru maka pelayanan akan terhambat. 
Pelajaran yang akan dipelajari pada kuliah rekam medis tentang Anatomi, fisiologi, farmakologi, klasifikasi penyakit, manajemen, bahasa inggris dll guys.

heheh cukup dulu tulisan kali ini guys kita sambung di artikel ain yang membahas tentnag rekam medis ya guys.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *